CHIP House: Rumah canggih tanpa tagihan listrik

18.20


Compact Hyper Insulated Prototype yang disingkat CHIP merupakan proyek pembuatan rumah dengan tujuan net-zero energi, yaitu rumah yang benar-benar tidak membutuhkan tambahan daya dari luar (listrik dari PLN). CHIP memanfaatkan energi surya dan menciptakan keseimbangan antara efisiensi energi, pembangkitan energi dan keseluruhan pengeluaran, dengan tetap menjaga kenyamanan penghuninya. Efisiensi energi tersebut diperoleh dengan:
  1. Memanfaatkan energi panas yang dibuang oleh AC untuk digunakan sebagai air panas untuk kebutuhan sehari-hari.
  2. Menggunakan sistim insulasi bahan fabric yang bermanfaat untuk menjaga suhu ruangan yang konstan tidak terpengaruh oleh panas matahari atau cuaca dingin dari luar. 
  3. Sistem ventilasi yang memungkinkan udara segar yang sudah melalui penyaringan dari polutan dan alergen mengalir ke seluruh ruangan.
  4. Sistem drainase dan katup air yang efisien untuk memastikan tidak ada pengeluaran air yang tidak diperlukan
  5. Sistem penampungan air hujan dan pemanfaatan air bekas cucian untuk digunakan mengairi tanaman
  6. Sistem panel surya photovolta yang menjamin pemenuhan daya yang cukup bagi seluruh kegiatan tanpa membutuhkan tambahan daya dari luar (misalnya dari PLN). 
  7. Penggunaan energi di tiap ruangan bisa dimonitor menggunakan applikasi yang bisa diakses di iPad sehingga penghuni bisa mengetahui perangkat mana yang menggunakan listrik secara berlebihan.
Smart Home 
Lampu, hometheater, gordyn dan system mekanik yang ada di rumah chip dihubungkan dengan Home Automation system. Dengan demikian berbagai tugas bisa dilakukan secara otomatis, seperti mematikan lampu ketika tidak ada orang di rumah, menurunkan layar untuk proyektor ketika kita memasukan film ke player blu-ray, atau menjalankan sistem pengairan ketika cuaca kering.
System juga diprogram untuk
  • Mematikan lampu secara perlahan di pagi hari untuk membangunkan kita lebih alami
  • menghidupkan beberapa perangkat ketika kita duduk di kursi tertentu
  • menutup jendela jika cahaya dari luar terlalu terang atau ketika kita sedang memutar proyektor
Dan karena kontroler terhubung dengan internet, maka kita bisa mengakses system yang ada di rumah dari kejauhan. Misalnya ketika kita sudah terlanjur pergi ke kantor atau keluar ingat dan ingat belum mematikan lampu kamar mandi, maka kita bisa menggunakan handphone kita untuk meminta CHIP mematikannya, dan mematikan AC untuk menghemat energi. Dan setelah kita mau pulang kita bisa menyalakan AC melalui handphone terlebih dahulu hingga ketika kita sampai di rumah, udara sudah cukup sejuk seperti yang kita inginkan.

Berikut ini beberapa gambar rumah CHIP

Insulasi dari bahan fabric untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman walaupun cuaca diluar panas/dingin.


Interior CHIP House dengan perangkat yang bisa dikontrol menggunakan iPad, Hanphone dan dilengkapi sensor kinect sehingga bisa menggunakan lambaian tangan.
Layout Interior


Kapan nih ada di Indonesia, dengan energi matahari yang melimpah ruah, harusnya CHIP House bisa dibuat disini. Dan yang paling penting, bisa bebas dari tagihan listrik dan listrik yang byar pett.. lol (RA)

sumber  CHIP HOUSE 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images