7 Indra Super Manusia

20.24



Manusia memiliki kemampuan yang bermacam-macam. Beberapa dari kita mampu menciptakan lagu yang bisa bikin pendengarnya sampe nangis atau bahagia, dan beberapa dari kita seperti steve jobs, bill gates, thomas alva edison, dll, yang mampu menciptakan teknologi yang bisa mengubah dunia.

Tapi ternyata itu hanya sedikit contoh dari kemampuan-kemampuan manusia yang lain. Para ilmuwan menemukan bahwa beberapa dari kita mampu menampilkan kemampuan yang lebih menakjubkan -diantaranya bahkan bisa jadi manusia super.

Sebagian besar kemampuan itu diperoleh saat kita lahir, tapi mungkin beberapa diantaranya bisa kita dapatkan dengan latihan2 tertentu.

Berikut beberapa indra super yang dimiliki manusia

1. Synesthesia


Bayangkan jika kita bisa mendengar atau merasakan warna atau melihat musik menggunakan mata kita?.
Kondisi tersebut disebut dengan synesthesia, yaitu kondisi dimana saraf dapat mengaktifan lebih dari satu indra secara bersamaan. Diduga 1 dari 200 orang -terutama wanita- memiliki kemampuan ini.
Yang paling sering adalah melihat nomor, huruf atau kata dalam warna (misalnya huruf A dapat terlihat seperti apel hijau).

2. Hyperthymesia

Yang ini bisa jadi berkah atau musibah, tergantung sudut pandang kita.
Beberapa orang memiliki kemampuan mengingat setiap hidupnya dengan hampir sempurna. Sebutkan tanggal, tahun di masa lalu, maka mereka dapat mengingat setiap detail yang terjadi pada mereka, atau pada dunia.

Jika kita memiliki kemampuan ini, mungkin akan sangat menyenangkan jika kita bisa mengingat hal menyenangkan seperti kencan pertama, ciuman pertama :malus. Tetapi juga dapat menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan jika kita mengingat hal-hal yang tidak menyenangkan yang biasanya kita berusaha untuk melupakannya.

Brad williams salah seorang yang memiliki kemampuan Hyperthimesia
3.echolocation

Kelelawar dan Lumba-lumba memiliki kemampuan ini, dan beberapa dari kita diketahui memiliki kemampuan ini. Beberapa orang -biasanya orang buta- telah mengembangkan kemampuan untuk "melihat" benda-benda disekitarnya dengan menggunakan suara dan mendengarkan suara yg kembali untuk merasakan ukuran, jarak dan kerapatannya.
Salah satu orang yang memiliki kemampuan ini adalah Dan Kish. Dan Kish kehilangan kedua penglihatannya saat bayi akibat kanker mata. Dia sangat mahir dalam echolocation sehingga dia bisa bersepeda melalui jalanan perkotaan yang padat dan menuruni rute perbukitan. Dia bahkan sering berkemah sendirian di hutan saat akhir pekan.

Dan Kish, seorang yg buta tetapi menganggap dirinya bisa "melihat"

4. Savant Syndrome

Dustin Hoffman berperan sebagai Raymon Babbit di film Rain Man
Dalam film "Rain Man", Dustin Hoffman berperan sebagai Raymon Babbit, pria yang mengidap autisme tetapi menunjukan kemampuan yang menakjubkan dalam mengingat setiap nama di buku telepon.
Savant Syndrome kebanyakan terjadi pada orang yang memiliki keterbelakangan perkembangan (beberapa juga memperoleh setelah terkena trauma di kepala).
Sebagian besar Savant memiliki kesulitan dalam melakukan tugas rutin sehari-hari dan berinteraksi secara sosial, tetapi menunjukan kemampuan yang mencengangkan di bagian tertentu. Misalnya, mereka dapat sangat berbakat dalam bermusik atau seni pada usia muda atau memiliki kemampuan otak super yang bisa menghitung perhitungan matematka yang kompleks di kepala mereka.


5. Super tasters
Super Tasters
Sekitar 25 persen manusia memiliki indra pengecap yang lebih banyak di lidahnya, yang memungkinkan mereka untuk membedakan rasa hingga tiga kali lipat lebih kuat.
Ada untung dan ruginya memiliki kemampuan mengecap seperti ini: Picky eaters ini, jarang memiliki penyakit jantung dan biasanya berbadan kurus karena mereka biasanya tidak menyukai makanan berlemak atau bergula.
Jadi inget Antoine tokoh kritikus masakan di pelem ratatouile :D atau malah jangan2 Bondan Winarno punya ini skill ??? :D


6.Melihat Aura


Baru-baru ini ilmuwan jepang mengemukakan bahwa tubuh manusia mengeluarkan sejumlah kecil cahaya tampak. Dengan kata lain, kita bercahaya sepanjang hari dan malam dengan intensitas yang berubah-ubah. Walaupun cahaya tersebut sangat lemah untuk dilihat oleh mata manusia biasa, tetapi terdapat beberapa orang yang mampu melihat cahaya ini


7. Magnetoreception

Penemuan terakhir memberikan petunjukan dari kemampuan potensial manusia yang belum terjamah.
Pada retina manusia terdapat suatu protein yang disebut dengan cryptochrome yang dapat mendeteksi medan magnet bumi. Penemuan ini ditunjukan ketika protein ini di implan ke dalam mata lalat buah.
Cryptochrome diketahui membantu berbagai mahluk hidup, seperti burung-burung yang dapat melihat medan magnet dan menggunakannya sebagai GPS untuk menuntun mereka dalam melakukan perjalanan.
Tetapi apakah manusia dapat menggunakan atau belajar untuk menggunakannya masih dalam perdebatan.
Sementara itu, mari kita gunakan gps yang tersedia di toko-toko elektronik terdekat... :D

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images