10 Sumber Energi Alternatif yang (ternyata) mudah ditemui

03.29


Krisis Energi ternyata mendorong para ilmuan untuk berpikir kreatif. Hasilnya ternyata di sekitar kita banyak sekali sumber yang bisa dijadikan energi alternatif.

1. Tenaga Air Laut


Disebut juga sebagai Blue Energy, dan merupakan salah satu sumber energi yang paling menjanjikan dan belum sepenuhnya diteliti. Konsepnya adalah sudah diketahui bahwa energi yang digunakan untuk menyuling air laut menjadi air tawar sangat tinggi, maka prosesnya dibalik sehingga justru menghasilkan energi. Prosesnya disebut dengan reverse electrodialysis.

2. Helioculture

Proses ini menghasilkan bahan bakar berbasis hidrokarbon dengan mengkombinasikan air payau, nutrien, organisme fotosintetik, karbondioksida dan cahaya matahari, Proses ini memanfaatkan proses fotosintesis untuk menghasilkan bahan bakar jadi dalam bentuk ethanol.

3. Piezoelektrik

Saat bumi makin padat, maka memanfaatkan energi kinetik dari pergerakan manusia dapat menjadi sumber energi. Piezolektrik adalah lustrik yang dihasilkan oleh bahan sebagai respon terhadap adanya tekanan mekanis. Bahan dengan piezoelektrik dapat ditempatkan di sepanjang tempat jalan kaki yang padat, sehingga menghasilkan energi listrik.

4. Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC)

Ocean thermal energy conversion, atau disingkat OTEC adalah system pengubahan energi yang menggunakan perbedaan suhu antara bagian air yang dalam dengan bagian yang dangkal untuk menghidupkan mesin panas.

5. Limbah Manusia

Tenaga Kotoran? di Norwegia sudah mulai merencanakan untuk memanfaatkan limbah (kotoran) manusia menjadi sumber energi bis umum.

6. Tenaga Batu Panas

Tenaga batu panas merupakan energi geothermal terbaru yang bekerja dengan memompa air laut dingin ke batu yang panas di kedalaman bumi. Ketika air mendidih dan menguap, energi yang dihasilkan diubah menjadi listrik menggunakan turbin uap.

7. Energi Penguapan

Terinspirasi dari tanaman, ilmuwan telah menemukan "daun" sintetis yang dapat menghasilkan tenaga listrik dari air yang menguap. Gelembung udara dipompa ke dalam "daun", menghasilkan listrik yang dihasilkan dari perbedaan sifat elektrik antara air dengan udara.

8. Getaran yang dihasilkan Pusaran Air

Energi diperoleh dari energi mekanis dari gerakan air yang melewati batang.

9. Bulan

Helium-3, merupakan isotop non radioaktif yang memiliki potensi besar untuk menghasilkan energi melalui reaksi fusi nuklir. Hanya saja Helium-3 jarang ditemukan di Bumi, tapi banyak terdapat di Bulan. Sudah terdapat beberapa produk untuk membuka pertambangan Helium-3 di bulan, seperti perusahaan luar angkasa dari Rusia : RKK Energiya, yang telah mengumumkan untuk menggunakan Helium-3 untuk diambil mulai tahun 2020.

10. Pembangkit tenaga surya di Luar Angkasa

Untuk memperoleh tenaga matahari tanpa dipengaruhi siklus siang dan malam, cuaca, musim atau penyaringan oleh atmosfir bumi, maka menempatkan sarana pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu pilihan. Teknologi yang dibutuhkan adalah pengiriman energi ke bumi melalui teknologi penyinaran secara mikrowave.
(Sumber: Mnn.com )

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images