PaperTab: Komputer Tablet setipis kertas

18.18




Jika anda sudah cukup puas dengan ketipisan produk iPad terbaru dari Apple atau Tablet PC lainnya, mungkin inovasi terbaru hasil kerjasama Intel, perusahaan Plastic Logic dan Queen University ini harus anda nantikan.

Inovasi tersebut adalah komputer fleksibel yang akan merevolusi teknologi Tablet dan Komputer. PaperTab Tablet terlihat dan terasa seperti sehelai kertas, tetapi dengan kemampuan interaktif, layar 10,7" resolusi tinggi, layar sentuh fleksibel dan ditenagai oleh prosesor generasi kedua Intel Core i5.
Pengguna bisa membagi aplikasi dalam beberapa layar sekaligus. Misalnya anda membuka email di helai pertama, membuka aplikasi pembaca ebook di helai selanjutnya, anda tinggal membuka helaian tablet seperti layaknya membuka lembaran buku. Selain itu, setiap lembaran PaperTab bisa berinteraksi satu sama lain. PaperTab menyediakan 10 hingga lebih layar interaktif.
Layar sentuh

Menggunakan pelacak elektromagnetik, setiap PaperTab dapat melacak lokasinya terhadap Papertab lainnya dan pengguna sehingga tampilan layar bisa berubah secara dinamis tergantung posisinya.
Misalnya ketika PaperTab ditempatkan jauh dari jangkauan pengguna maka akan muncul tampilan thumbnail dan ketika diambil oleh pengguna gambar akan kembali ke layar penuh.

Selain itu dokumen dapat dibuka dalam satu layar dengan menyentuh icon dokumen di layar yang lain, foto dalam satu layar bisa dilampirkan ke dalam email yang ditulis di layar lainnya dengan menyentuh kedua layar PaperTab tersebut secara bersamaan.
Melampirkan dokumen untuk email, dilakukan dengan menyentuhkan layar yang membuka dokumen ke layar yang lain yang sedang
Tampilan lebih besar dapat dibuat dengan cara menyusun dua atau lebih PaperTab secara berdampingan sehingga kita bisa menggusur objek dalam layar PaperTab yang satu ke layar yang lainnya.
PaperTab bisa digabungkan untuk memperoleh layar yang lebih besar.

Objek dari layar satu bisa dipindahkan ke layar lainnya.
Selain dengan cara menyentuh, navigasi juga bisa dilakukan dengan membengkokan layar dengan berbagai cara.
Navigasi bisa dilakukan dengan membengkokan layar
Kita tidak perlu khawatir untuk sobek, karena tim peneliti mendemonstrasikan kalau PaperTab bisa digunting menjadi dua tanpa kehilangan fungsinya.

Saat ini PaperTab belum tersedia secara komersial, tetapi diperkirakan hal ini merupakan Evolusi besar dalam teknologi komputer. Roel Vertegaal, Direktur Human Media Lab, Queen University memperkirakan antara 5-10 tahun kedepan, PaperTab akan menggantikan komputer yang ada saat ini mulai dari ultrabook hingga tablet. 

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh PaperTab antara lain:
1. Bentuk yang sangat tipis dan fleksibel menyerupai lembaran kertas.
2. Setiap lembaran PaperTab bisa berinteraksi satu sama lain
3. Layar sentuh 10,7", High Resolution, ditenagai oleh Prosesor Intel Core i5.
4. Bisa digunting tanpa kehilangan fungsinya.





You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images