Pembangkit Listrik Tenaga Tornado

21.16



Yakin sudah mendengar semua jenis sumber energi alternatif?, Insinyur asal Kanada, Louis Michaud menemukan sumber energi yang memanfaatkan Tornado yang selama ini dikenal memiliki daya merusak. Mesin tersebut disebut dengan “Atmospheric Vortex Engine” (AVE).



AVE bekerja dengan memasukan udara hangat ke dalam wadah sirkular, mengakibatkan adanya perbedaan suhu antara udara yang dipanaskan dan atmosfer diatasnya sehingga membentuk aliran Vortex (Tornado yang terkontrol).



Vortex yang terbentuk kemudian menggerakan turbin angin sehingga menghasilkan listrik. Vortex tersebut bisa dimatikan dengan mematikan sumber udara hangat.


System ini diklaim ramah lingkungan dan murah, karena tidak menghasilkan emisi karbon, dan hanya membutuhkan biaya sekitar $0.03 per kilo watt hour (kwh).


Panas yang dibutuhkan untuk membentuk mini tornado tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber panas sementara seperti pemanas ruangan atau uap panas. Tetapi jika vortex telah terbentuk, dibutuhkan sumber panas yang lebih tetap seperti panas dari industri atau air laut yang hangat.


Menurut pembuat mesin ini, mesin AVE dengan diameter 100 meter mampu menghasilkan energi listrik hingga 200 megawatt. Untuk saat ini sedang dibentuk purwarupa berukuran 8 meter yang dapat membentuk vortex setinggi 40 meter dan diameter 30 cm. Vortex tersebut dapat menyalakan turbin tunggal 1 meter, dan diproduksi secara bersama dengan Lambton College, Ontario.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images