Mengubah jalan Tol jadi sumber listrik

19.26

Jika merasa kekurangan lahan untuk panel surya, maka ide Mans Tham arsitek asal swedia ini bisa ditiru. Tham mengajukan ide untuk menutup jalan tol Los Angeles Santa Monica sepanjang 24 km dengan lebar rata-rata 40 meter dengan panel surya yang disebut dengan proyek "Solar Serpents in Paradise".




Panel surya ini memiliki luas (24 km x 40 m) = 960.000 m2 yang akan menghasilkan 115 megawatt atau 150 GWh per tahun, yang dianggap akan mampu memenuhi kebutuhan seluruh listrik untuk rumah tangga di Venice, California.
Penggunaan panel surya "Solar Serpents" ini memiliki keuntungan lain, seperti:

  1. Solar Serpents dapat menutup jalan sehingga jalan lebih teduh yang mengakibatkan kebutuhan penggunaan AC menurun. Produksi energi meningkat disiang hari dimana kebutuhan AC sedang tinggi.
  2. Kerusakaan permukaan jalan akibat sinar matahari akan berkurang.
  3. Bisa disediakan tempat charging di bawah jalan untuk penggunaan mobil listrik


Selain itu, proyek Solar Serpents juga mengajukan konsep lain yaitu pemanfaatan udara yang banyak mengandung CO2 dari jalan untuk dialirkan menggunakan pipa ke tanaman alga yang ada disepanjang jalan yang bisa dimanfaatkan sebagai biofuels. Selain itu udara menjadi lebih bersih terutama bagi lingkungan sekitar yang berdekatan dengan jalan raya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images