SmartCap : Topi Pintar pemantau kelelahan

02.35


Salah satu penyebab kecelakaan di industri adalah faktor kelelahan pekerja, sehingga jika faktor kelelahan bisa diketahui maka kecelakaan pun bisa dicegah. Perusahaan pertambangan dari australia, EdanSafe mengeluarkan produk inovasi terbaru yang bekerja untuk memantau kondisi pekerja berbentuk topi yang mudah dipakai yaitu SmartCap.


SmartCap berupa topi baseball dengan sensor yang bisa menangkap gelombang dari otak sehingga bisa mendeteksi kelelahan pada penggunanya.

SmartCap menggunakan bahan yang bisa dicuci





















SmartCap memonitor gelombang otak penggunanya untuk menetapkan level kesadaran dari penggunanya. Informasi ini kemudian ditransmisikan melalui koneksi bluetooth ke perangkat lain seperti smartphone atau Monitor SmartCap khusus, Sehingga bisa kelelahan pengguna bisa diketahui secara visual, jika level kelelahan mencapai level yang berbahaya, maka alarm akan menyala. Selain itu sensornya juga bisa mendeteksi jika topinya tidak dipakai, sehingga jika ada karyawan yang bandel tidak memakai topi bisa ketahuan.
Selain bisa digunakan secara individual menggunakan smartphone atau monitor khusus, SmartCap bisa dihubungkan dengan SmartCap Manager Servers sehingga para supervisor bisa memantau kondisi pekerjanya dengan mudah secara real time.


Bersamaan dengan sensor, setiap topi disertai dengan modul yang berbentuk seperti kartu yang dipasang pada topi ketika digunakan dan bisa dilepas untuk dicharge ketika topi tidak digunakan.
Manfaat penggunaan SmartCap tidak terbatas bagi pekerja proyek, atau pertambangan saja tetapi bisa digunakan juga untuk pekerja lain yang memiliki resiko tinggi seperti supir truk, supir bus, dll.
Mudah-mudahan pengusaha transportasi disini bisa mempertimbangkan supirnya untuk mengenakan SmartCap ini sehingga jalanan bisa lebih aman dari kecelakaan akibat pengemudi yang ngantuk atau kelelahan.

Dari SmartCap


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images